Sekda Apresiasi Pelaksanaan GAD IX di Nanga Tayap

Teks foto
SERAHKAN HADIAH : Sekda Ketapang, Alexander Wilyo, menyerahkan hadiah pada acara penutupan GAD Ketapang IX di Nanga Tayap, Sabtu (15/7) malam.

KETAPANG, MENITNEWS.id – Gawai Adat Dayak (GAD) Kabupaten Ketapang IX, resmi ditutup pada Sabtu (15/7) malam. GAD yang digelar di Kecamatan Nanga Tayap itu secara resmi ditutup oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyoz

Alex yang juga bergelar Patih Jaga Pati Laman Sembilan Domong Sepuluh Kerajaan Hulu Aik mengungkapkan rasa syukur atas suksesnya pelaksanaan GAD Ketapang IX di Nanga Tayap. “Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Ketapang, saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada masyarakat Nanga Tayap yang telah bersusah-payah melaksanakan GAD IX,” ucapnya.

Dia menjelaskan, suksesnya pelaksanaan GAD IX di Nanga Tayap tersebut pada hakikatnya karena para leluhur pada jaman dulu juga melaksanakan semua tradisi, adat dan budaya secara gotong royong. “Oleh karena itu, saya meminta agar semangat gotong royong ini jangan sampai dihilangkan,” pintanya.

Dia juga berpesan agar tetap menjaga ketertiban, kenyamanan supaya kesuksesan GAD yang sudah baik tersebut tidak tercoreng oleh hal-hal yang tidak baik. “Tunjukan bahwa orang Nanga Tayap adalah orang-orang yang hebat. Bisa tertib dan bisa patuh dengan imbauan panitia dan pemerintah. Jangan sampai GAD ini tercoreng dengan hal-hal yang tidak baik,” tegasnya.

Selain itu, Alex juga berharap agar tradisi, adat, budaya hendaknya dapat dilanjutkan walaupun tanpa uluran tangan pemerintah atau pihak manapun. “Tradisi, adat dan budaya ini tetap harus kita laksanakan. Adat dan tradisi harus kita rawat, kita jaga, kita lestarikan dan kita pertahankan sampai kapanpun,” paparnya.

“Selanjutnya, Gawai Dayak Ketapang IIX tahun 2024 yang kita tetapkan sebagai tuan adalah Kecamatan Sungai Laur supaya kegiatan Gawai Dayak lebih baik lagi, penuh persiapan terutama adalah saling bekerja sama secara bergotong royong,” tambah Alex.

Alex berpesan kepada seluruh masyarakat untuk mendukung kegiatan agenda akbar daerah Napak Tilas yang akan dilaksanakan pada Oktober 2023. “Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang mengajak seluruh masyarakat serta pengurus etnis dan tokoh-tokoh agama untuk melakukan deklarasi dukungan terhadap kegiatan agenda Napak Tilas dan Festival Tanah Kayong tahun 2023,” ajaknya.

Acara penutupa GAD Ketapang IX dihadiri sejumlah undangan. Di antaranya anggota DPRD Ketapang, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Asisten Sekda Bidang Admisntrasi Umum, kepala OPD di lingkungan Pemkab Ketapang, pengurus DAD Kabupaten Ketapang, Muspika Nanga Tayap, tokoh masyarakat, tokoh agama dan para kepala desa. (*)

Berita Terkait